Cara Terbaik Pemilihan Bibit Ayam Kampung Berkualitas

Menjalankan sebuah bisnis tentu akan sangat menguntungkan, apa lagi jika Anda memutuskan untuk berbisnis peternakan ayam. Pasalnya untuk sekarang, harga ayam sudah semakin melambung tinggi. Sehingga keuntungan yang dapat diperoleh dari hasil berternak ayam akan tinggi pula. Namun ketika Anda baru akan memulai bisnis tersebut, cobalah untuk menjadi seseorang yang teliti. Ketelitian sangat dibutuhkan dalam hal pemilihan bibit. Jadi Anda harus bisa memilih bibit ayam yang berkualitas. Dengan menggunakan bibit ayam berkualitas maka ayam-ayam yang dihasilkan pasti akan laku jika dipasarkan. Mungkin untuk orang yang baru akan terjun di dunia baru akan kesulitan dalam memilih bibit yang berkualitas. Nah jika memang seperti itu, kami pun akan berikan beberapa cara pemilihannya sebagai berikut.

Tips Dalam Pemilihan Bibit Pejantan Ayam Kampung

Sebenarnya untuk mendapatkan bibit pejantan ayam kampung itu tidak sesulit yang ada di bayangan. Pasalnya para peternak pemula pun sudah mulai banyak bermunculan dan diketahui bahwa mereka bukan merupakan seseorang yang mengetahui persis tentang peternakan ayam. Nah agar nantinya harga ayam yang dihasilkan oleh peternakan Anda bisa tinggi, tentu harus mendapatkan bibit yang terbaik. Berikut tips pemilihannya.

  • Bentuk tubuh harus sehat dan juga utuh. Hal tersebut dapat Anda ketahui dengan memastikan bahwa di seluruh tubuh tidak ada cacat sama sekali, baik itu di bagian sayapnya, di bagian lehernya, di bagian kakinya atau di bagian tubuh lain.
  • Bibit pejantan yang sehat itu harus memiliki dada yang gempal dan juga memiliki otot yang kuat. Dengan begitu akan memberikan gambaran bahwa ayam tersebut tangguh dan juga kuat. Sehingga nantinya ayam tidak akan mudah terserang penyakit.
  • Cobalah untuk melihat pada bagian matanya. Jika memang tampak tajam dan cerah, kemudian bulunya rapi, maka itu berarti bibit ayam tersebut berkualitas dan masuk dalam bibit unggulan.
  • Selain itu, pastikan bibit ayam pejantan memiliki ukuran badan sedang. Sehingga dalam melakukan gerakan akan lebih gesit. Semakin gesit maka harga ayam pun akan semakin tinggi.

Related posts: